Cara Mengamankan Sistem Komputer atau Laptop

Cara Mengamankan Sistem Komputer atau Laptop

Pada era sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan komputer mereka untuk banyak kegunaan dari komunikasi, perbankan online, menyimpan data, investasi, untuk berbelanja dan lain sebagainya. Ketika kita melakukan hal-hal ini secara sering, maka kita membuka diri atau berpotensi berhadapan penyerangan baik hacker dan cracker. Berikut adalah beberapa langkah yang saya pakai untuk Mengamankan Sistem Komputer atau Laptop


1. Backup/cadangan


Backup/Cadangkan informasi penting dan simpan di tempat yang aman terpisah dari komputer seperti pada Flashdisk, hardisk eksternal, DVD atau dapat menyimpan data penting pada cloud storage seperti google drive dan lain sebagainya. Saya sendiri menyimpan data penting pada hardisk eksternal. Alasan harus membackup data-data penting karena kita tidak tau suatu saat laptop atau komputer kita hardisknya rusak atau bahkan terkena virus yang menyebabkan file-file terhapus atau rusak yang biasanya ekstensi berubah menjadi ekstensi tertentu yang menyebabkan data tidak bisa dibuka dan apabila ingin diperbaiki lagi harus bisa mendecrypt virus tersebut.



2. Mengupdate sistem operasi dan software aplikasi



Alasan kenapa mengupdate sistem operasi dan software aplikasi adalah, pihak pengembang aplikasi tersebut itu memperbarui seperti keamanan, fitur-fitur yang baru dan lebih aman.


3. Mengaktifkan Windows Firewall


Alasannya karena Windows Defender Firewall ini Fungsinya adalah menahan dan mendeteksi virus, serta memberikan keamanan superketat melalui firewall.


4. Menggunakan Anti Virus



Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Software antivirus terdapat banyak, saya sendiri menggunakan antivirus windows defender beserta McAfee.


5. Mencegah Spyware


Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirim semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang ada, seperti aktivitas  keyboard oleh keylogger.  Mencegah spyware dapat dilakukan dengan: Waspada terhadap file yang anda buka atau download lewat internet atau email, jangan menginstall program yang tidak jelas pembuatnya, jangan sembarangan berselancar ke situs yang memiliki risiko tinggi.


6. Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless) 


Apabila anda memiliki jaringan nirkabel, selalu ikuti dokumentasi instalasi dan Gunakan MAC filtering untuk membatasi penggunaan pada komputer yang tidak dipercaya saja. Gunakan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyadapan


7. Membatasi Resiko Email Spam


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terhadap spam yaitu Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam, Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online.



Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mengamankan Sistem Komputer atau Laptop dan kunjungi terus igoalghozali25.blogspot.com
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar, Namun Untuk Komentar Yang Mengandung :
1. Spam
2. Sara
3. Link Aktif
4. Bahasa Yang Tidak Sopan
Akan dihapus komentarnya

Thanks For Visiting igoalghozali25.blogspot.com ConversionConversion EmoticonEmoticon