Review Jurnal International Database

Review Jurnal International Database



Judul  : Studies and Analysis of Popular Database Model 
Jurnal : Monthly Journal of Computer Science and Information Technology
Volume, Halaman : Vol. 4, page.834 – 838 
Tanggal : 5, May 2015   
Penulis : Pramod Singh
Institusi : MGCGV Chitrakoot Satna (MP), Satna, India
Reviewer : Muhammad Farid Alghozali (19312221)



 --UNDUH JURNAL-- 




  1. Latar Belakang

  Data adalah bagian paling berharga dari dunia saat ini karena digunakan dalam kehidupan sehari-hari dari satu individu ke organisasi besar. Untuk mempermudah pemilihan dan pemeliharaan dan mendukung perlindungan data yang kuat, disimpan dalam model data. Model data adalah repositori dari data operasional yang dipilih dan diadaptasi secara subyektif yang dapat berhasil menjawab pertanyaan apa pun, statistik, kompleks, atau analitis. Saat ini basis data dibagi oleh lingkungan yang kompetitif secara global di mana sejumlah besar data diminta untuk diproses lebih cepat dan efisien. Model data menyimpan data yang berorientasi pada subjek yang memberikan dukungan untuk proses pengambilan keputusan manajemen. Makalah ini membahas secara rinci empat model basis data yang
ada seperti Hierarchical, network, database relasional dan berorientasi objek dan melakukan analisis untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari model database ini.



  2. Tujuan

 Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan fitur-fitur dari database ini, untuk memahami pro dan kontra dari teknologi ini sebelum mengimplementasikannya.



  3. Subjek Penelitian

  Ada berbagai model data yang telah muncul selama ini. Dalam penelitian ini, empat teknologi database populer, Hierarchical, jaringan, Berorientasi dan Berorientasi Objek.



   4. Metode Penelitian

    Hierarchical, jaringan, berorientasi dan beriorientasi objek mengambil model data yang merupakan repositori dari data operasional yang dipilih dan diadaptasi secara subyektif yang dapat berhasil menjawab pertanyaan apa pun, statistik, kompleks, atau analitis.



     5.  Review

    Pada jurnal ini, membahas secara rinci empat model basis data yang ada seperti Hierarchical, network, database relasional dan berorientasi objek dan melakukan analisis untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari model database ini.

      Model Hierarkis:
Model basis data hierarkis secara konseptual sangat sederhana tetapi implementasi model ini sangat kompleks. Model ini sangat buruk untuk mengeloladata yang sangat besar dan mendukung integritas basis data yang terbatas dan independensi struktural yang terbatas. 

 


Model Jaringan :
Model basis data jaringan secara konseptual sangat sederhana seperti model hierarkis tetapi implementasinya sangat kompleks. Model ini menangani lebih banyak tipe hubungan dan mendukung banyak integritas data dibandingkan dengan model database hierarkis. Model ini menderita karena kurangnya independensi dan standar struktural.

 


Database Relation:
Model database relasional bekerja pada konsep teori himpunan matematika. Dalam teori himpunan kumpulan informasi dua dimensi disebut relasi. RDBMS menyediakan cara yang sangat sederhana untuk membuat, mengakses, dan memperbarui basis data. Model ini hanya mendukung teks dan nilai numerik yang tidak mendukung tipe data abstrak seperti audio, video, dan informasi geografis.

 


 Database Berorientasi Objek:
Model database berorientasi objek menggabungkan konsep pemrograman berorientasi objek dengan teknologi database untuk menyediakan sistem pengembangan aplikasi terintegrasi. Model ini mendukung tipe data abstrak seperti audio, video, dan informasi geografis. Dalam OODBMS kita dapat meningkatkan produktivitas dengan bantuan warisan dan mendukung akses informasi secara
navigasi dan asosiatif.

 


6. Kesimpulan

 Dari studi di atas jelas bahwa model data jaringan dan hierarki ketinggalan zaman karena kedua model tidak mampu memenuhi persyaratan saat ini dari lingkungan yang dikolaborasikan. Bergerak berikutnya kita menemukan bahwa database relasional adalah model yang kuat dan standar tetapi juga tidak dapat menangani data tipe abstrak seperti audio, video, geografi dan aplikasi lain seperti desain komputer, teknik dan sistem manufaktur dan sebagainya. Namun teknologi berorientasi objek mendukung persyaratan mendesain dan mengimplementasikan database yang sangat besar dan kompleks.



7. Komentar  

Menurut saya jurnal ini sudah baik dalam membahas secara rinci empat model basis data yang ada seperti Hierarchical, network, database relasional dan berorientasi objek dan melakukan analisis untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari model database ini. Namun, kekurangan jurnal ini yaitu menggunakan bahasa yang sulit dipahami sehingga reviewer sedikit lama untuk paham.



8. Referensi

1. www.researchjournals.co.uk 
2. R. Balasubramaniam, International Journal of Computer Science and Security (IJCSS),VOL 6
3. Blaha, M., Premerlani, W.: Object-Oriented Modeling and Design for Database Applications,
Prentice-Hall, 1998
4. Millen, Jonathan K., Teresa F. Lunt, “Security for Object-oriented Database Systems,” In
Proceedings IEEE Symposium on Research in Security and Privacy, pp. 260-272,1992
5. “Dr.C.Sunil Kumar, 2J.Seetha, 3S.R.Vinotha”,”International Journal of Soft Computing
Software Engineering (JSCSE) e-ISSN: 2251-7545Vol2,0,11, 2012



Sekian review dari kurang lebih nya saya mohon maaf. Terimakasih telah membaca artikel saya. #UniversitasTeknokratIndonesia  #SpadaTeknokrat  #igoalghozali25blog #MuhammadFaridAlghozali(19312221)
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar, Namun Untuk Komentar Yang Mengandung :
1. Spam
2. Sara
3. Link Aktif
4. Bahasa Yang Tidak Sopan
Akan dihapus komentarnya

Thanks For Visiting igoalghozali25.blogspot.com ConversionConversion EmoticonEmoticon