Tutorial Cara Membuat Android Jadi Remote

Tutorial Cara Membuat Android Jadi Remote



Tutorial - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tutorial Cara Membuat Android Jadi Remote. Perkembangan android pada zaman sekarang ini android sudah menjadi barang yang multifungsi dan sangat berguna seperti kalian mengganti channel TV, suhu AC, DVD dan barang elektronik lainnya yang memerlukan remote hanya dengan android kalian.

Android kalian dapat digunakan sebagai remote universal dengan menggunakan aplikasi bawaan yaitu aplikasi WatchOn atau dengan aplikasi pendukung atau pihak ketiga yaitu IR. Contoh android yang sudah memiliki fitur remote pada androidnya yaitu Samsung Galaxy S4, S5, S6, S7, S8, Himax Polymer, Sony Experia dan masih banyak lainnya. Apabila kalian belum mempunyai aplikasi remote, kalian bisa mendownloadnya yaitu aplikasi WatchOn

Untuk mengkoneksian remote android ini pun banyak caranya, seperti menggunakan WiFi, Bluetooth dan InfraRed (IR). Apabila Television atau perangkat elektronik kalian tidak support Wifi atau Bluetooth kalian dapat menggunakan InfraRed yang memerlukan fitur InfraRed pada android kalian kalau kalian menggunakan aplikasi bawaan. Remote ini tidak hanya dapat digunakan di TV saja, dapat juga Di AC, DVD Player dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Cara Membuat Android Jadi Remote

1. Dengan Menggunakan Aplikasi Bawaan



Terdapat aplikasi yang digunakan untuk Android sebagai remote khusus dari vendro tertentu ada juga yang bersifat universal. Contohnya model ponsel Android dari Samsung yang bisa dijadikan sebagai universal remote, yaitu remote multi fungsi dan bisa digunakan untuk berbagai jenis dan merk perangkat elektronik seperti Samsung, Sony, Sharp, LG, Panasonic, Toshiba dan lain-lain. Sementara aplikasi yang digunakann untuk untuk mengkatifkan fungsi remote ini adalah aplikasi bawaan ponsel yaitu WatchOn. Mari kita lihat Cara Membuat Ponsel / Hp Android Jadi Remote TV atau AC berikut ini:

  • Jalankan aplikasi WatchOn pada perangkat android kalian
  • Klik SELECT COUNTRY or REGION
  • Kemudian pilih negara kalian, misalnya Indonesia
  • Pilih TV berbayar yang kalian gunakan, jika tidak ada, kalian bisa pilih Indovision saja
  • Pilih Skip dan Agree
  • Selanjutnya akan muncul sebuah icon berbentuk remote, kemudian klik icon tersebut untuk setting TV kalian.
  • Lalu klik Continue untuk melakukan Settingannya
  • Langkah selanjutnya yaitu memilih merk TV yang sedang kalian gunakan
  • Kalau dihalaman ini tidak ada merk TV kalian, maka klik Show Other Brands
  • Kalau sudah memilih brands TV anda, klik tombol Power untuk menghidupkan TV kalian.
  • Perhatikan, kalau TV Anda bisa di hidupkan dengan sempurna klik YES, This Code One Work. Kalau tidak bisa hidup, klik Send This Code One Again untuk mengulangi
  • Selanjutnya klik MY TV (Merk TV)
  • Terakhir kali klik DONE. Semua proses telah selesai, dan kalian sudah siap menggunakan HP Android kalian sebagai Remote TV.

2. Dengan Menggunakan Aplikasi Pendukung (Pihak Ketiga)



Biasanya untuk mengkoneksikan antara smartphone dan perangkat elektronik tersebut menggunakan wifi, bluetooth atau infrared. Namun smartphone android yang belum dibekali oleh fitur remote ini, bisa mengubah Android menjadi remote TV atau AC dengan memanfaatkan Aplikasi yang tersedia di google play store. Bahkan semakin berkembangnya teknologi, beberapa brand perangkat elektronik sudah menyediakan software yang bisa menghubungkan smartphone android kalian ke perangkat elektronik buatan mereka. Banyak aplikasi pendukung (pihak ketiga) untuk membuat android menjadi remote akan tetapi saya membahas 1 saja yaitu dengan aplikasi IR Remote. Berikut ini caranya :
  • Download dan Instal aplikasi IR Remote di google play store melalui smartphone android anda.
  • Tunggu sampai proses selesai dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Anda akan menemui beberapa menu, pilih IR Database dan kemudian pilih brand atau merek Televisi anda. Misalnya Panasonic, atau LG.
  • Selanjutnya anda akan dibawa pada sebuah interface layaknya sebuah remote TV.
  • Melalui interface atau antarmuka tersebut anda bisa mengganti chanel TV atapun mengubah volume suaranya.

Itulah Tutorial Cara Membuat Android Jadi Remote dan ingat, aplikasi pendukung tidak perlu IR Remote bisa dengan aplikasi lainnya. Sekian pembahasan kali ini tentang Tutorial Cara Membuat Android Jadi Remote dan kunjungi terus igoalghozali25.blogspot.com . See You Next Time :)
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Silahkan Berkomentar, Namun Untuk Komentar Yang Mengandung :
1. Spam
2. Sara
3. Link Aktif
4. Bahasa Yang Tidak Sopan
Akan dihapus komentarnya

Thanks For Visiting igoalghozali25.blogspot.com ConversionConversion EmoticonEmoticon